Syarat Permohonan SLF di Kota Medan

Syarat Permohonan SLF di Kota Medan

Apa sih syarat permohonan SLF di kota Medan?

Syarat SLF sebenarnya sama seperti dengan yang lain tidak bergantung pada peraturan khusus. Namun terdapat pertimbangan lain yang berkaitan dengan lokasi suatu wilayah yang memerlukan dokumen SLF di dalamnya.

Kota Medan adalah kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Kota Medan juga sudah memiliki integarasi yang bagus antar akomodasi transportasi yakni bandara dan stasiun kereta api. Selain itu, berdasarkan sensus penduduk tahun 2020, kota Medan memiliki penduduk sebanyak 2,5 juta jiwa. Angka ini terbilang cukup besar.

Kota Medan juga menjadi wilayah dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat di Indonesia. Berdampingan dengan Jakarta dan Surabaya. Pemerintah telah mencanangkan pemusatan pertumbuhan ekonomi untuk wilayah-wilayah dengan potensi tinggi seperti Kota Medan. Hal ini dimaksudnya agar dampak pertumbuhan ekonomi di Medan dapat menular ke wilayah-wilayah lain di sekitarnya.

Banyak berdiri bangunan-bangunan di kota Medan antara lain bangunan kantor, bangunan gedung bisnis, bangunan budaya, dan bangunan-bangunan peninggalan dari zaman Belanda. Sebagai contoh ada bangunan Gedung Balai Kota Lama, Kantor Pos Medan, Bank Indonesia, dan beberapa bangunan-bangunan tua lainnya yang tersebar di wilayah Kota Medan. Dari segi ini Kota Medan dilihat memiliki potensi yang bagus sebagai objek pertumbuhan ekonomi nasional. Dan juga sebagai destinasi pariwisata unggulan di Indonesia.

Salah satu hal yang dilakukan pemerintah untuk mendapatkan minat dan mempertahankan trend positif para pengunjung atau wisatawan di Kota Medan yakni salah satunya dengan menyiapkan akomodasi transportasi dan penginapan. Penginapan mulai dari kelas bawah, menengah , hingga bintang lima. Contoh penginapan yang menjadi objek para wisatawan di Kota Medan antara lain Hotel Grand Angkasa International Hotel, Danau Toba International Hotel, JW Marriot, Grand Aston City Hall, Grand Swissbell, dan lain-lainnya.

Diperlukan Pemantauan Tehadap Bangunan Gedung di Kota Medan

Kota Medan menjadi lokasi dengan pembangunan yang cukup tinggi. Banyak berdiri bangunan baru dan peremajaan bangunan lama sebagai proses pertumbuhan ekonomi. Pemerintah melihat hal ini sebagai sesuatu yang perlu dalam pengawasan atau pengontrolan. Perlu dilakukan pengawasan terhadap bangunan gedung di kota Medan baik bangunan yang digunakan untuk layanan pemerintah, umum, maupun bisnis. Pengawasan ini bertujuan untuk menjamin kualitas bangunan gedung.

Undang-Undang RI Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung, menjelaskan bahwa untuk mendapat hasil pengawasan dan lolos uji kelayakan bangunan, pemilik bangunan atau stakeholder terkait perlu mendapat Sertifikat Laik Fungsi (SLF) . SLF ini diterbitkan oleh pemerintah, tentunya oleh pemerintah Kota Medan.

Persyaratan SLF Kota Medan

SLF atau Surat Laik Fungsi adalah dokumen wajib yang harus dimiliki oleh pemilik gedung baru maupun gedung yang akan melakukan peremajaan. Sertifikat ini diterbitkan oleh pemerintah daerah dan diberikan kepada pemilik bangunan gedung yang telah selesai menyelesaikan bangunannya yang sudah memiliki surat izin bangunan berupa IMB atau PBG (Baca artikel ini= IMB Dihapus, Diganti PBG (Persetujuan Bangunan Gedung) )

Surat Laik Fungsi (SLF) wajib dimiliki oleh setiap pemilik gedung bangunan di kota Medan. Hal ini diwajibkan demi keterjaminan layak dan baiknya bangunan gedung tersebut. Pemilik akan memiliki jaminan tersebut jika sudah mengantongi SLF.

Peraturan Walikota (PERWALI) Kota Medan Nomor 31 Tahun 2019

Peraturan Walikota (PERWALI) Kota Medan Nomor 31 Tahun 2019 tentang Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung, menjelaskan tentang persyaratan kelayakan bangunan gedung adalah sebagai berikut :

  1. Status hak atas tanah yang dibuktikan dengan surat bukti status hak atas tanah atau surat perjanjian pemanfaatn/penggunaan tanah apabila pemilik bangunan gedung bukan pemegang hak atas tanah;
  2. Status kepemilikan bangunan gedung yang dibuktikan dengan surat bukti kepemilikan bangunan gedung atau surat perjanjian pemanfaatan bangunan gedung; dan
  3. Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Syarat untuk Mengajukan Surat Laik Fungsi (SLF) di Kota Medan

Syarat bagi pemilik gedung agar mendapat Sertifikat Laik Fungsi (SLF) di Kota Medan adalah sebagai berikut:

  1. Persyaratan tata bangunan, dan
  2. Persyaratan keandalan bangunan gedung

Persyaratan tata bangunan di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Persyaratan peruntukan bangunan gedung, yaitu kesesuaian fungsi bangunan gedung dengan peruntukan dalam rencana tata ruang wilayah daerah, rencana detail tata ruang daerah, dan/atau rencana tata bangunan dan lingkungan.
  2. Persyaratan intensitas bangunan gedung yang meliputi kepadatan bangunan gedung, ketinggian bangunan gedung, dan jarak bebas bangunan gedung.
  3. Persyaratan arsitektur bangunan gedung yang meliputi persyaratan penampilan bangunan gedung, persyaratan tata ruang dalam, serta persyaratan keseimbangan, keserasian, dan keselarasan bangunan gedung dengan lingkungannya.
  4. Persyaratan pengendalian dampak lingkungan, yang merupakan persyaratan izin lingkungan untuk bangunan gedung sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Syarat Kendala Gedung yang Diperiksa Pengkaji Teknis di Kota Medan

Persyaratan keandalan bangunan gedung yang akan diperiksa oleh pengkaji teknis atau penyedia jasa SLF Kota Medan di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Persyaratan keselamatan yang meliputi persyaratan struktur bangunan gedung, proteksi bahaya kebakaran, penangkal petir, keamanan dan keandalan instalasi listik, serta pengamanan bencana bahan peledak untuk bangunan gedung kepentingan umum.
  2. Persyaratan kesehatan yang meliputi sistem penghawaan, sistem pencahayaan, sistem air bersih, sistem pembuangan air kotor dan/atau air limbah, sistem pembuangan kotoran dan sampah, penyaluran air hujan, dan penggunaan bahan bangunan gedung.
  3. Persyaratan kenyamanan yang meliputi kenyamanan ruang gerak, kenyamanan kondisi udara dalam ruang, kenyamanan pandangan, serta kenyamanan getaran dan kebisingan.
  4. Persyaratan kemudahan yang meliputi kemudahan ke, dari, dan di dalam bangunan gedung, serta kelengkapan prasarana dan sarana pemanfaatan bangunan gedung.

Cari Jasa Konsultan SLF di Kota Medan

Sebagai bahan pertimbangan, Anda sebagai pemilik gedung yang kebingungan untuk mencari permohonan Sertifikat Laik Fungsi bisa menghubungi jasa konsultasi SLF. PT GIM sebagai salah satu penyedia jasa konsultan SLF nasional memberi tawaran kepada Anda pemilik bangunan gedung di Kota Medan untuk menggunakan jasa konsultasi SLF PT GIM. Perusahaan kami telah berpengalaman dalam bidang konsultasi keteknikan khususnya penerbitan dokumen Sertifikat Laik Fungsi atau SLF.

Tinggalkan Balasan